Menu
Portal Berita Nusantara
banner 728x250

Ramah Tamah Warga bersama SatgasTMMD 111 Kabupaten Cianjur

  • Bagikan
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Program Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Reguler ke – 111 di Desa Ciandam, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat kini telah rampung pada, Selasa 14 Juli 2021.

Sebelum nya program yang di mulai pada Selasa 14 Juni 2021, melingkupi beberapa pembangunan, diantaranya, Betonisasi Jalan sepanjang 2400 meter, Pembangunan Rumah tidak layak huni (Rutilahu), Renopasi mesjid, Pembangunan MCK, Pembuatan Pos Ronda, dan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT). Selain berupa pisik, dalam program tersebut juga telah berlangsung beberapa kegiatan berupa non fisik, diantaranya, Penyuluhan Hukum, pengobatan gratis, pengenalan wawasan kenegaraan dan lainnya.

Pada hari ketiga puluh, terhitung dari dibukanya TMMD kini semua pembangunan dalam program tersebut telah selesai, dan warga pun saat ini sudah dapat menikmatinya.

Banyak cerita dan kesan pada Program tahunan itu, seperti di ceritakan ketua RT Kampung Sukasirna, Jaenal (48) ia mengatakan, bahwa sangat banyak hal dan pelajaran dari TNI yang warga dan anak anak dapatkan.

” Saya pasti sangat kehilangan setelah TMMD selesai, karena kami sangat dekat dengan Satgas TMMD dan anak anakpun sangat menyukai TNI, jadi kami pasti sangat kehilangan sekali,”kata Jaenal di Pos Kamling tidak jauh dari titik nol betonisasi Jalan.

Hal yang sama diungkapkan warga Desa setempat, Ai Nurhalimah (30), dikatakannya bahwa diantara program yang sangat dirasakan manfaatnya bagi semua warga ialah jalan.

” Terimakasih kami ucapkan kepada bapa bapa TNI yang sudah mengerjakan perbaikan jalan, kini jalannya bagus,” kata Ai bersama warga lainnya.

Tidak hanya warga yang merasakan kehilangan, Anggota Satgas TMMD Serka Dewiljon Sipayung pun mengungkapkan perasaannya selama menjadi Satgas. Ia mengatakan bahwa jika tugas belum selesai ingin rasanya tinggal lebih lama di Desa Ciandam, mengingat warga Desa tersebut sangat ramah dan baik.

” Selamat Tinggal Ciandam yang tercinta sampai ketemu di lain waktu.
Sebulan pas saya tinggal di Ciandam membangun pengecoran jalan desa banyak kenangan yang tidak terlupakan bersama warga,” pungkasnya.

Sambung Serka Dewiljon,” Semuanya warga Desa Ciandam pada ramah dan baik, seperti keluarga sendiri, ingin rasanya tinggal di Ciandam dalam waktu yang lama tapi tugas sudah selesai,” Ungkapnya.

Dewiljon juga berpesan dan meminta maaf jika selama dirinya menjadi Satgas membuat kesalahan.

” Buat saudaraku semua yang di Desa Ciandam hususnya Kampung Sinarlayung, Kampung Cipendeuy, Kampung Asem, Kampung Baduga, Kampung Cilalai dan semuanya saya mohon maaf kalau ada kata kata saya yang kurang berkenan dihati, saya mohon maaf dan saya berharap Agar jalan desa dirawat bersama. Semoga kita semua sehat-Sehat.
Ahir kata saya ucapakan:
Kalau ada sumur di ladang bolehlah kita menompang mandi, Kalau ada umur yang Panjang bolehlah kita berjumpa lagi,”tutupnya.

Sementara Kasrem 061/Surya Kencana Kolonel Inf. Mahesa Fitriadi yang didampingi Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav. Ricky Arinuryadi, saat pelaksanaan penutupan program tersebut, Mahesa mengatakan, bahwa keberhasilan para Satgas merupakan hasil kerja sama yang baik dengan warga setempat, sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik dan maksimal, namun warga setempat harus dapat menjaga dan merawat apa yang telah dibangun.

” Kini jalan sudah diperbaiki dan sudah bagus dan sudah dapat dilalui, namun harus tetap berhati hati dalam mengendarai kendaraannya, dan harus menjaga kesehatan,” ungkap Kasrem 061/SK Kolonel Inf. Mahesa.

Mahesa juga sangat mengapresiasi anak anak di Desa Ciandam yang sangat rajin membaca dan memanfaatkan pos baca yang ada di wilayah Desa tersebut.

General Banner
Penulis: Pendim0608
https://www.getrich06.com/index/user/signUp/invite_code/62XGPU.html
  • Bagikan
Cloud Hosting Indonesia